أَدَوَاتُ الشَّرْطِ الجَازِمَة (Adawatu Syarti Al-Jazimah)

(Instrumen Kalimat Syarat)
Kali ini kita akan membahas mengenai kalimat syarat atau yang dikenal dengan nama al-jumlah as-syarthiyah (الجملة الشرطية). Kalimat syarat sendiri merupakan susunan dua kalimat yang digabung menjadi satu, kalimat pertama menunjukkan kalimat dengan instrument syarat sedangkan kalimat kedua merupakan jawaban dan akibat dari kalimat syarat. Hal ini sesuai seperti penjelasan dalam kitab mulakhos Qowaidul Lughah Al Arabiyah disebutkan makna kalimat syarat.

أُسْلُوْبٌ يَتَأَلَّفُ مِنْ أَدَاةِ الشَّرْطِ تَرْبُطُ بَيْنَ جُمْلَتَيْنِ الأُوْلَى شَرْطٌ لِلثَّانِيَةِ.

kalimat yang tersusun oleh instrument syarat yang menghubungkan kalimat pertama (kalimat syarat) dan kalimat kedua (jawaban/akibat kalimat syarat)
Contoh:

إِنْ تَجْتَهِدْ فِي الدَّرْسِ تَنْجَحْ فِي الاِمْتِحَانِ

Jika kamu bersungguh-sungguh belajar maka kamu akan berhasil dalam ujian.

Kalimat pertama berbunyi “تَجْتَهِدْ فِي الدَّرْسِ” sedangkan kalimat kedua “تَنْجَحْ فِي الاِمْتِحَانِ” instrument yang menunjukkan makna syarat adalah “إِنْ”.

Dari penjelasan contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa kalimat syarat terdiri dari 3 bagian yang harus ada. Diantaranya;

-          Pertama, adawatu syarti (instrument kalimat syarat)
Instrument syarat pada contoh di atas adalah kata إن yang artinya “jika”
-          Kedua, Fi’lu Syarti (kata kerja syarat)
Kata kerja syarat pada contoh di atas adalah تجتهد في الدرس yang artinya “kamu bersungguh-sungguh dalam belajar”
-          Ketiga, Jawabu Syarti (kata kerja akibat)
Kata kerja akibat pada contoh di atas adalah تنجح فِي الامتحان yang artinya “maka kamu akan berhasil”

Adapun instrument kalimat syarat yang dipakai dalam bahasa Arab ada 12. Diantaranya إِنْ، مَنْ، مَا، مَهْمَا، مَتَى، أَيَّانَ، أَيْنَ، أَيْنَمَا، أَنَّى، حَيْثُمَا، كَيْفَمَا، أَيُّ yang akan dijelaskan satu persatu.

-         إِنْ (jika) instrument ini artinya jika. Instrumen ini digunakan untuk menyusun kalimat syarat yang menunjukkan makna pengandaian yang bisa terjadi. Contoh : إِنْ تَعْمَلْ بِالجِدِّ تَنْجَحْ فِي العَمَلِ  (jika kamu bekerja dengan sungguh-sungguh maka kamu akan sukses dalam pekerjaan).
-         مَنْ (baransiapa) kata ini artinya barangsiapa. Instrumen ini dipakai untuk subyek yang berakal (orang). Contoh: مَنْ يَزْرَعْ يَحْصُدْ (barangsiapa bercocok tanam maka dia akan memetik hasilnya).
-         مَا، مَهْمَا (apapun) dua kata ini mempunyai arti apapun. Dua kata sama-sama digunakan untuk subjek tidak berakal. Contoh : مَهْمَا تَقْرَأْ يَزِدْكَ مَعْرِفَةً (Apapun yang kamu baca akan membuat pengetahunmu bertambah).
-         مَتَى، أَيَّانَ (kapanpun) dua kata ini mempunyai arti kapanpun. Dua kata tersebut digunakan uuntuk menunjukkan makna keterangan waktu. Contoh : مَتَى يَأْتِ الصَّيْفُ يُسَافِرْ النَّاسُ إِلَى المَصَايِفِ (kapanpun musim panas datang orang-orang akan mengunjungi tempat peristirahatan musim panas).
-         أَيْنَ، أَيْنَمَا، أَنَّى، حَيْثُمَا (dimanapun) kata-kata tersebut menunjukkan arti dimanapun. Kata-kata tersebut digunakan dalam kalimat syarat yang menunjuk pada keterangan tempat. Contoh; أَيْنَمَا يَسُدْ الأَمْنُ تَعُمْ الطُّمَأْنِيْنَةُ (dimanapun keamanan terjamin ketenangan akan terjaga).
-         كَيْفَمَا (bagaimanapun) kata tersebut digunakan dalam kalimat syarat yang menjelaskan keterangan cara. Contoh: كَيْفَمَا تُعَامِلْ النَّاسَ يُعَامِلُوْكَ (bagaimanapun anda berinteraksi dengan orang-orang mereka juga akan berinteraksi dengan anda).
-        أَيُّ kata ini dapat digunakan untuk subjek yang berakal maupun tidak berakal, keterangan waktu, keterangan tempat, dan keadaan yang disandarkan padanya. Contoh: أَيَّ نَفْعٍ تَنْفَعْ النَّاسَ يَشْكُرُوْكَ عَلَيْهِ (apapun manfaat yang kamu berikan kepada orang mereka akan berterimakasih kepada kamu pada hal itu.

1 comment:

  1. Slot machine wins real money casino bonus - JeMHub
    The machine that got you started winning 포항 출장샵 is the slot machine. The machine is a 밀양 출장안마 huge 천안 출장샵 slot machine. It has a wheel, a ball cap, a slot 나주 출장마사지 machine, and 전라남도 출장샵 a

    ReplyDelete

Kata Sifat dalam bahasa Arab (نعت ومنعوت)

Kata sifat dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah “ na’at ”. Sedangkan “ man’ut ” adalah kata benda yang mendahului “ na’at ” (kata si...

Popular Posts